Selamat datang di portal “CloudSME” (selanjutnya disebut sebagai “Layanan”) yaitu aplikasi yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Small Medium Business hingga Large Enterprise, yaitu solusi kolaboratif berbasis cloud dimana dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan dan penyimpanan data, yang dibuat oleh dan atas nama PT Sigma Cipta Caraka (selanjutnya disebut sebagai “TELKOMSIGMA”), sebuah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, yang bergerak di bidang penyediaan barang/jasa informasi teknologi yang memiliki ijin dari pihak yang berwenang untuk menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan peraturan yang berlaku.
Berikut ini adalah Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan, beserta perubahan aturan, kebijakan, dan produk yang dapat diterbitkan dari waktu ke waktu oleh TELKOMSIGMA (selanjutnya disebut sebagai “Perjanjian”). Anda setuju bahwa dengan menekan kalimat “setuju”, maka Anda telah membaca, memahami, dan memiliki kapasitas serta kewenangan untuk terikat dengan Perjanjian ini. Perjanjian ini efektif berlaku (“Tanggal Efektif”) sejak Anda telah berhasil mendaftarkan diri dan menekan kalimat “setuju” pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan. Jika Anda mewakili pihak ketiga dalam melakukan pendaftaran, maka Anda menjamin dan menyatakan bahwa Anda memiliki otoritas penuh dalam mengikatkan pihak ketiga tersebut dengan Perjanjian ini dan menyatakan bahwa pihak ketiga tersebut menyetujui perikatan ini.
Syarat & Ketentuan ini terakhir diperbarui pada tanggal 31 Januari 2020
I. DAFTAR ISTILAH
a. Layanan: Aplikasi CloudSME yang disediakan pada website dan mobile (dan dapat diubah atau diperbarui dari waktu ke waktu).
b. TELKOMSIGMA: badan hukum yang membuat dan mengelola Layanan.
c. Perjanjian: Syarat & Ketentuan Penggunaan Layanan ini, beserta perubahan aturan, kebijakan, dan produk yang dapat diterbitkan dari waktu ke waktu oleh TELKOMSIGMA.
d. Tanggal Efektif: tanggal berlakunya Perjanjian.
e. Biaya Berlangganan: biaya yang harus dibayar oleh Pelanggan untuk menggunakan Layanan, sesuai dengan daftar biaya yang dicantumkan pada Layanan.
f. Informasi Rahasia: seluruh informasi yang disebarkan antara pihak dalam perjanjian ini, baik secara tertulis, lisan, maupun elektronik, dan termasuk Layanan ini, tetapi tidak termasuk informasi yang sudah diungkapkan tanpa hak oleh pihak pengguna informasi atau pihak lainnya secara tidak sah.
g. Data: informasi/data apapun yang Anda masukkan sesuai kewenangan Anda pada website Layanan.
h. Hak Kekayaan Intelektual: paten, merek dagang merek jasa atau layanan, hak cipta, hak pada desain, pengetahuan, atau hak kekayaan intelektual atau lainnya, yang terdaftar atau tidak terdaftar.
i. Website: situs internet di domain www.cloudsme.co.id atau situs internet lainnya yang ditentukan oleh TELKOMSIGMA.
j. Pelanggan: orang, maupun atas nama pribadi, organisasi atau badan lainnya yang mendaftar untuk menggunakan Layanan ini.
k. Pengguna Diundang: setiap orang atau badan selain Pelanggan, yang memakai Layanan dari waktu ke waktu dengan izin dari Pelanggan.
l. Anda: pengguna akhir dari Layanan, baik Pelanggan ataupun Pengguna Diundang.
m. Subscription: pembayaran berulang yang dibayar di muka untuk menggunakan Layanan.
II. HAK PENGGUNA LAYANAN
Dengan terikat Perjanjian ini, Anda berhak mengakses dan memanfaatkan Layanan melalui Website atau Mobile yang telah ditentukan, dengan peran penggunaan yang sudah ditentukan untuk Anda berdasarkan jenis Layanan yang Anda pilih. Hak ini bersifat non-eksklusif, tidak dapat dipindahtangankan, dan dibatasi oleh ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Perjanjian ini.
Anda mengakui dan menyetujui bahwa:
a. Anda bertanggung jawab untuk menentukan siapa yang memperoleh akses sebagai Pengguna Diundang dan jenis peran dan hak yang diberikan kepada mereka untuk mengakses jenis data yang Anda miliki.
b. Anda bertanggung jawab untuk semua penggunaan Layanan oleh Pengguna Diundang.
c. Anda bertanggung jawab untuk mengendalikan setiap tingkat akses untuk Pengguna Diundang yang berbentuk organisasi atau badan dan layanan yang bersangkut-paut setiap saat, dan dapat menarik atau mengubah akses atau tingkat akses Pengguna Diundang dalam setiap waktu dan untuk alasan apapun.
d. Jika terjadi perselisihan antara Pelanggan dan Pengguna Diundang mengenai akses kepada organisasi atau badan atau terkait layanan apapun, Anda selaku Pelanggan yang harus membuat keputusan dan mengatur akses atau tingkat akses ke data atau layanan yang akan diperoleh Pengguna Diundang, jika ada.
III. DUKUNGAN LAYANAN
a. Uptime Layanan
Layanan memiliki jaminan 95% uptime minimal per bulan.
Jika Layanan jatuh di bawah 95% uptime, maka Pelanggan berhak mengajukan laporan dan mendapatkan kompensasi.
IV. KEWAJIBAN PELANGGAN
a. Kewajiban Pembayaran
Pelanggan akan mendapatkan email notifikasi pembayaran berisi tautan ke website Layanan untuk memilih paket yang dikehendaki dan melakukan pembayaran online sesuai dengan nilai total yang tertera yaitu Biaya Berlangganan dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Email notifikasi pembayaran akan dikirimkan ke alamat email yang telah Anda daftarkan, beberapa hari sebelum masa percobaan (trial) atau periode berlangganan sebelumnya berakhir.
Pelanggan akan terus menerima email notifikasi pembayaran untuk periode berlangganan berikutnya, sampai Perjanjian ini diakhiri berdasarkan pasal Pemutusan Kontrak.
Pembayaran online pada website Layanan dapat dilakukan menggunakan:
• Kartu Kredit: Visa & Master
• Virtual Account BNI
• Virtual Account Mandiri
• FinPay
• Debit Online
• LinkAja
• GoPay
• Ovo
Proses pembayaran online dilengkapi dengan proses security control untuk keamanan dan kenyamanan Pelanggan, data yang diinput aman dengan sistem keamanan yang terenkripsi (encrypted security), menggunakan protokol Secure Socket Layer (SSL) yang menyediakan keamanan penuh terhadap kemungkinan pencurian informasi kartu.
Nomor kartu yang diinput hanya digunakan untuk proses pembayaran. Konfirmasi pembayaran akan langsung didapatkan setelah pembayaran online dilakukan. Aktivasi Layanan akan dilakukan otomatis setelah pembayaran berhasil, dan Pelanggan akan menerima email pemberitahuan aktivasi Layanan.
b. Kewajiban Umum
Anda harus memastikan hanya memakai Layanan dan Website maupun Mobile untuk keperluan internal bisnis Anda yang benar dan secara sah, berdasarkan ketentuan dalam Perjanjian ini, atau ketentuan yang tercantum di Website maupun Mobile. Anda dapat menggunakan Layanan dan website atau mobile atas nama orang atau badan lain, atau untuk memberi Layanan kepada mereka, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda mempunyai wewenang untuk melakukannya, dan semua pihak yang menerima Layanan melalui Anda memenuhi dan menyetujui semua syarat dalam Perjanjian ini yang berlaku kepada Anda.
c. Syarat Akses
1. Untuk penggunaan Layanan, Anda terikat dengan hukum yang berlaku di Republik Indonesia (selanjutnya disebut "Hukum Yang Berlaku"). Sebagai syarat dari Ketentuan-ketentuan ini, saat mengakses dan menggunakan Layanan, Anda harus:
• Memastikan bahwa semua nama pengguna dan sandi yang diperlukan untuk mengakses Layanan tersimpan dengan aman dan secara rahasia.
• Segera memberitahu TELKOMSIGMA mengenai pemakaian sandi Anda oleh pihak yang tidak berwenang, atau pelanggaran keamanan lainnya, dan Layanan akan menetapkan semula sandi Anda, dan Anda harus melakukan semua tindakan lainnya yang dianggap cukup penting oleh Layanan untuk mempertahankan atau meningkatkan keamanan sistem komputer dan jaringan Layanan, dan akses Anda kepada Layanan TELKOMSIGMA.
• Tidak mencoba untuk melemahkan keamanan atau integritas dari sistem komputer atau jaringan Layanan.
• Tidak menggunakan atau menyalahgunakan Layanan dengan cara apapun yang dapat mengganggu kemampuan pengguna lain untuk menggunakan Layanan baik Website maupun Mobile.
• Tidak mencoba untuk mendapatkan akses yang tidak sah kepada materi apapun selain yang sudah dinyatakan dengan jelas bahwa Anda telah mendapatkan izin untuk mengaksesnya, atau untuk mengakses sistem komputer dari Layanan TELKOMSIGMA.
• Tidak mengirimkan, atau memasukkan ke Website maupun Mobile file apapun yang dapat merusak peranti komputer atau peranti lunak orang lain, atau file/bahan-bahan yang memuat konten bersifat menghina, SARA atau mendistribusikan virus, worms, Trojan horses, file korupsi atau materi atau Data yang melanggar hukum apapun (termasuk Data atau materi lainnya yang dilindungi oleh hak cipta atau rahasia dagang di mana Anda tidak memiliki hak untuk memakainya). Jika TELKOMSIGMA merasa bahwa konten yang Anda miliki melanggar Hukum Yang Berlaku, melanggar hak dari pihak ketiga atau melanggar ketentuan dalam Perjanjian ini, TELKOMSIGMA akan memberikan notifikasi Anda perihal konten yang melanggar tersebut dan akan meminta agar konten tersebut untuk dihapuskan atau tidak diberlakukan. Jika tidak ada respon dari Anda dalam kurun waktu 24 (dua puluh empat) jam, Anda menyetujui bahwa TELKOMSIGMA berhak untuk menhapuskan atau tidak memberlakukan konten tersebut tanpa pernyataan atau persetujuan tertulis dari Anda.
• Tidak mencoba untuk mengubah, menyalin, meniru, membongkar, atau melakukan reverse engineering (merekayasa balik) program komputer apapun yang dipakai untuk memberikan Layanan, atau untuk menggunakan Website maupun Mobile di luar penggunaan yang diperlukan dan dimaksudkan.
2. Dalam hal menurut pendapat TELKOMSIGMA bahwa Layanan membutuhkan pemeliharaan dan/atau perbaikan dari waktu ke waktu maka TELKOMSIGMA akan melakukan pemeliharaan dan/atau perbaikan termasuk tidak terbatas pada pengembangan, patches, bug fixes atau pemeliharaan lainnya. TELKOMSIGMA setuju untuk dengan usaha terbaik memberikan informasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemeliharaan dan/atau perbaikan tersebut dan Anda setuju untuk memenuhi persyaratan pemeliharaan dan/atau perbaikan yang telah TELKOMSIGMA notifikasi kepada Anda.
3. TELKOMSIGMA berhak untuk secara permanen atau sementara menghentikan Layanan dalam hal menurut pendapat TELKOMSIGMA bahwa Anda tidak memenuhi persyaratan yang berlaku dalam Perjanjian ini. TELKOMSIGMA berhak untuk melakukan perubahan atau menghentikan salah satu layanan, melakukan tindakan apapun termasuk tidak terbatas pada memelihara, mengoperasikan, melakukan penghentian Layanan.
d. Batasan Penggunaan
Penggunaan Layanan mungkin dapat terbatas melingkupi, tapi tidak terbatas kepada, banyaknya transaksi bulanan dan jumlah panggilan yang diizinkan untuk Anda gunakan dengan memanggil kepada application programming interface (antarmuka pemrograman aplikasi). Apabila ada, batasan-batasan tersebut akan ditentukan dan dicantumkan pada Layanan yang terkait.
e. Tanggung Jawab Ganti Rugi
Anda membebaskan TELKOMSIGMA dari semua tuntutan, gugatan, biaya kerugian, kerusakan, dan kehilangan yang timbul sebagai hasil dari pelanggaran Anda terhadap Perjanjian ini, atau kewajiban apapun yang mungkin Anda punya kepada TELKOMSIGMA atas Layanan, termasuk (tapi tidak terbatas kepada) biaya apapun yang berkaitan dengan Biaya Berlangganan apapun yang sudah jatuh tempo tetapi belum Anda bayar.
V. KERAHASIAAN DAN PRIVASI
a. Kerahasiaan
Setiap pihak berjanji untuk menjaga kerahasiaan semua Informasi Rahasia pihak lainnya berkenaan dengan Perjanjian ini. Setiap pihak TIDAK AKAN, tanpa persetujuan tertulis dari pihak lainnya untuk mengungkapkan atau memberi Informasi Rahasia kepada siapapun, atau menggunakannya untuk kepentingan sendiri, selain sebagaimana dimaksud oleh Perjanjian ini. Kewajiban setiap pihak dalam Perjanjian ini untuk menjaga kerahasiaan semua Informasi Rahasia akan tetap berlaku meskipun Perjanjian ini telah berakhir.
Ketentuan-ketentuan pasal tidak berlaku untuk informasi yang:
• Telah menjadi pengetahuan umum selain karena pelanggaran Perjanjian ini;
• Diterima dari pihak ketiga yang secara sah memperolehnya, dan tidak mempunyai kewajiban untuk membatasi pengungkapannya;
• Dikembangkan dengan sendiri tanpa akses kepada Informasi Rahasia.
b. Privasi
TELKOMSIGMA memiliki dan mempertahankan kebijakan privasi yang menjelaskan dan menetapkan kewajiban para pihak untuk menghormati informasi pribadi. Anda dianggap sudah menyetujui kebijakan itu ketika Anda menyetujui Perjanjian ini.
VI. KEPEMILIKAN HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL
Kepemilikan dan semua Hak atas Kekayaan Intelektual yang diperoleh dari Layanan, Website, Mobile, dan dokumentasi apapun yang terkait dengan Layanan tetap menjadi hak milik TELKOMSIGMA.
Kepemilikan dan semua Hak atas Kekayaan Intelektual yang terdapat di data tetap menjadi hak milik Anda. Akan tetapi, akses kepada data Anda bergantung pada pembayaran Biaya Berlangganan Layanan. Anda memberi izin kepada TELKOMSIGMA untuk memakai, menyalin, mengirim, menyimpan, dan mencadangkan informasi dan data Anda dengan maksud dan tujuan supaya dapat memberi Anda akses kepada dan menggunakan Layanan, atau untuk tujuan lainnya yang terkait dengan menyediakan Layanan TELKOMSIGMA untuk Anda.
Anda sangat disarankan untuk menyimpan salinan untuk semua data yang Anda masukkan ke Layanan. TELKOMSIGMA mematuhi kebijakan dan menjalani prosedur terbaik untuk mencegah kehilangan data, termasuk kerutinan sistem harian untuk mencadangkan data, tetapi tidak membuat jaminan apapun bahwa tidak akan pernah ada kehilangan data. TELKOMSIGMA dengan jelas mengenyampingkan tanggung jawab untuk setiap kehilangan data dengan sebab apapun.
VII. JAMINAN DAN PENGAKUAN
a. Anda menjamin bahwa, jika Anda mendaftar untuk menggunakan Layanan atas nama orang lain, Anda memiliki wewenang untuk menyetujui ketentuan-ketentuan ini atas nama orang itu, dan menyetujui bahwa dengan mendaftar untuk memakai Layanan, Anda mengikat orang yang Anda atas-namakan untuk, atau dengan niat untuk, membuat tindakan atas nama mereka kepada setiap kewajiban manapun yang telah Anda setujui pada Ketentuan-ketentuan ini, tanpa membatasi kewajiban Anda sendiri kepada ketentuannya.
b. Anda mengakui bahwa:
• Anda memiliki wewenang untuk menggunakan Layanan, dan untuk mengakses informasi dan data yang Anda masukkan ke Website dan Mobile, termasuk informasi atau data apapun yang dimasukkan ke dalam Website dan Mobile oleh siapapun yang telah Anda beri kewenangan untuk menggunakan Layanan. Anda juga berwenang untuk mengakses informasi dan data yang sudah diproses, yang disediakan untuk Anda melalui penggunaan Anda pada Website maupun Mobile dan Layanan TELKOMSIGMA (maupun informasi dan data itu Anda miliki sendiri atau milik orang lain).
• TELKOMSIGMA tidak bertanggung jawab kepada siapapun selain Anda, dan tidak ada maksud apapun dalam Perjanjian ini untuk memberi manfaat kepada siapapun selain Anda. Jika Anda memakai Layanan atau mengakses Website atas nama atau untuk manfaat seseorang selain Anda (baik berbentuk organisasi atau badan atau atas nama pribadi lainnya), Anda menyetujui bahwa:
Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa Anda memiliki hak untuk melakukannya.
Anda bertanggung jawab atas pemberian wewenang kepada siapapun yang Anda beri akses ke informasi atau data, dan Anda menyetujui bahwa TELKOMSIGMA tidak memiliki tanggung jawab untuk menyediakan kepada siapapun akses ke informasi atau data tersebut tanpa otorisasi Anda.
Anda membebaskan TELKOMSIGMA dari tuntutan apapun atau kehilangan yang terkait pada: Penolakan TELKOMSIGMA untuk menyediakan akses kepada siapapun ke informasi atau data Anda sesuai dengan ketentuan ini. Penyediaan informasi atau data oleh TELKOMSIGMA kepada siapapun berdasarkan otorisasi Anda.
• Penyediaan, akses kepada, dan pemakaian Layanan tersedia sebagaimana adanya dan pada risiko Anda sendiri.
• TELKOMSIGMA tidak menjamin bahwa penggunaan Layanan tidak akan pernah terganggu atau bebas dari kesalahan. Antara lain, operasi dan ketersediaan sistem yang digunakan untuk mengakses Layanan, termasuk layanan telepon yang diakses secara umum, jaringan komputer dan internet, kejadian yang sulit diprediksi dan mungkin bisa dari waktu ke waktu mengganggu atau mencegah akses kepada Layanan. TELKOMSIGMA dengan bagaimanapun tidak bertanggung jawab atas gangguan tersebut, atau pencegahan akses kepada penggunaan Layanan.
• Untuk menentukan bahwa Layanan TELKOMSIGMA memenuhi keperluan bisnis Anda dan bisa digunakan sesuai dengan tujuan adalah tanggung jawab Anda sendiri.
• Anda tetap memiliki tanggung jawab untuk mematuhi semua undang-undang atau peraturan akuntansi, perpajakan, dan lainnya yang berlaku. Menjadi tanggung jawab Anda untuk memeriksa bahwa penyimpanan dan akses kepada data Anda melalui Layanan dan Website atau Mobile tetap mematuhi undang-undang yang berlaku kepada Anda (termasuk undang-undang apapun yang memerlukan Anda untuk menyimpan arsip).
c. TELKOMSIGMA tidak memberi jaminan untuk Layanan ini. Tanpa mengabaikan ketentuan di atas, TELKOMSIGMA tidak menjamin bahwa Layanan akan memenuhi semua keperluan Anda, atau bahwa akan sesuai untuk tujuan yang Anda niatkan. Untuk menghindari keraguan, semua ketentuan atau jaminan yang bisa diartikan dikecualikan sejauh yang diizinkan oleh undang-undang, termasuk (tanpa batasan) jaminan penjualan, kesesuaian untuk tujuan, dan tanpa pelanggaran.
d. Anda menjamin dan menunjukkan bahwa Anda sedang memperoleh hak untuk mengakses dan menggunakan Layanan untuk tujuan bisnis dan bahwa, sampai batas maksimum yang diizinkan oleh undang-undang, jaminan konsumen berdasarkan hukum atau undang-undang yang dimaksudkan untuk melindungi konsumen non-bisnis di yurisdiksi manapun tidak berlaku untuk penyediaan Layanan, Website, Mobile, atau ketentuan ini.
VIII. BATASAN KEWAJIBAN
a. Sampai batas maksimal yang diizinkan oleh hukum, TELKOMSIGMA mengecualikan semua kewajiban dan tanggung jawab kepada Anda (atau orang lain manapun) dalam kontrak, gugatan kesalahan (termasuk kelalaian), atau selainnya, untuk kehilangan apapun (termasuk kehilangan informasi, data, dan penyimpanan) atau kerusakan yang diakibatkan, secara langsung atau tidak langsung, dari penggunaan apapun, atau ketergantungan kepada, Layanan atau Website maupun Mobile.
b. Jika Anda mengalami kerugian atau kerusakan apapun karena kelalaian atau kegagalan Layanan untuk memenuhi ketentuan ini, tuntutan apapun dari Anda kepada TELKOMSIGMA yang timbul dari kelalaian atau kegagalan TELKOMSIGMA akan dibatasi mengenai satu kejadian atau serangkaian kejadian yang terhubung kepada Biaya Berlangganan yang sudah Anda lunasi dalam 12 bulan sebelumnya.
c. Jika Anda tidak puas dengan pelayanan TELKOMSIGMA, jalur penyelesaian tunggal dan eksklusif Anda adalah untuk menghentikan ketentuan ini berdasarkan pasal Pemutusan Kontrak.
IX. PEMUTUSAN KONTRAK
a. Kebijakan Masa Percobaan (Trial)
Saat Anda pertama mendaftar untuk mengakses Layanan, Anda dapat mengevaluasi Layanan sesuai dengan masa percobaan yang sudah ditentukan, tanpa kewajiban untuk melanjutkan penggunaan Layanan. Jika Anda memilih untuk melanjutkan penggunaan Layanan setelah masa percobaan selesai, maka Anda dapat melakukan pembayaran Biaya Berlangganan Layanan melalui tautan notifikasi pembayaran yang dikirimkan melalui email, atau akses langsung ke Website dan melakukan pembayaran online atas paket yang Anda pilih. Jika Anda memilih berhenti menggunakan Layanan, TELKOMSIGMA akan menghapus data Anda 30 hari setelah masa percobaan berakhir.
b. TELKOMSIGMA tidak menyediakan pengembalian dana atas periode prabayar yang tersisa pada langganan Biaya Berlangganan Anda.
c. Layanan Anda akan terhenti secara otomatis jika pembayaran Biaya Berlangganan belum TELKOMSIGMA terima pada saat masa percobaan atau periode prabayar Anda telah berakhir. Layanan akan aktif kembali secara otomatis setelah pembayaran online diterima.
d. Pelanggaran
• Jika Anda melanggar apapun dari Ketentuan ini (termasuk, tapi tidak terbatas dengan, tidak membayar Biaya Berlangganan) dan tidak menyelesaikan masalah pelanggaran dalam 14 (empat belas) hari kalender setelah menerima pemberitahuan pelanggaran.
• TELKOMSIGMA berhak melakukan penghentian Layanan jika terjadi pelanggaran yang dimaksud.
e. Jika terjadi penghentian Layanan baik karena periode berlangganan telah berakhir ataupun karena terjadi pelanggaran, maka data Anda akan dihapus secara permanen setelah 12 bulan sejak tanggal penghentian Layanan.
X. PERUBAHAN PRODUK DAN LAYANAN
TELKOMSIGMA mempunyai hak penuh untuk menambah dan/atau mengubah dan/atau menghilangkan segala paket, produk, dan layanan yang ditawarkan pada Website dan Mobile. Pemberitahuan terhadap perubahan yang dimaksud akan diinformasikan kepada Pelanggan melalui Website dan Mobile.
XI. KETENTUAN UMUM LAINNYA
a. Perjanjian ini, bersama dengan Kebijakan Privasi Layanan dan ketentuan dari pemberitahuan atau instruksi yang diberikan kepada Anda berdasarkan Perjanjian ini menggantikan dan menghapus semua perjanjian sebelumnya, representasi (baik lisan maupun tulisan), dan pemahaman, dan merupakan keseluruhan Perjanjian antara Anda dan TELKOMSIGMA yang berhubungan dengan Layanan dan hal lainnya yang dibahas dalam Ketentuan ini.
b. Jika salah satu pihak melepaskan tuntutan dari pelanggaran apapun atas Perjanjian ini, hal ini tidak akan melepaskan mereka dari tuntutan pelanggaran lainnya. Pelepasan dari tuntutan tidak efektif kecuali dibuat secara tertulis.
c. Para pihak tidak harus bertanggung jawab atas keterlambatan atau kegagalan dalam menyelesaikan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini jika keterlambatan atau kegagalannya adalah karena sebab apapun yang di luar kendali. Ayat ini tidak berlaku untuk kewajiban pembayaran uang apapun.
d. Anda tidak dapat mengalihkan atau memindahkan hak kepada orang lain tanpa persetujuan tertulis dari TELKOMSIGMA, atau mekanisme lainnya yang ditetapkan oleh TELKOMSIGMA.
e. Apabila terjadi perselisihan antara Anda dan TELKOMSIGMA, maka Anda dan TELKOMSIGMA akan menyelesaikannya secara musyawarah terlebih dahulu untuk mencapai mufakat. Apabila dengan cara tersebut tidak tercapai kata sepakat, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui jalur hukum dengan memilih kedudukan hukum Republik Indonesia di Kantor Pengadilan Negeri yang ditetapkan.
f. Setelah subscription aktif atau dapat digunakan, Anda dapat membatalkan setiap saat tanpa biaya tambahan dari yang sudah dibayarkan.